Your One Stop Manpower Outsourcing Solution

Sejarah Terbentuknya Jasa Satuan Pengaman


Keamanan di suatu lingkungan merupakan hal yang harus diutamakan. karena jika tingkat keamanan sudah terjamin, lingkungan tersebut juga akan menjadi nyaman. Maka dari itu, salah satu bentuk untuk meningkatkan keamanan di suatu wilayah diperlukan peran satpam. Walaupun pemerintah sudah membentuk petugas keamanan seperti TNI dan POLRI, namun masih diperlukan peran satpam, karena TNI dan POLRI tidak mungkin bisa menjaga seluruh sudut-sudut wilayah di Indonesia. Karena keterbatasan itulah maka dibentuk jasa satuan pengaman atau Satpam. Sebenarnya satpam merupakan binaan dari kepolisian sejak tahun 1980-an. Jadi mereka bukanlah jasa pengaman sembarangan, mereka adalah jasa pengaman yang sudah terlatih.

Namun, bagaimana awal mula terbentuknya jasa satuan pengaman atau Satpam sebagai security Guard-nya di Indonesia?

Awal Pembentukan Satpam

Pada awal terbentuknya Jasa satuan pengaman di Indonesia terjadi pada tahun 1980 tepatnya pada tahun 30 Desember melalui Surat Keputusan Kapolri (saat itu dijabat Jenderal Polisi Awaloedin Djamin) yang mengeluarkan SKEP/126/XII/1980 tentang Pola Pembinaan Satuan Pengamanan. Dengan begitu, setiap tanggal 30 Desember diperingati sebagai HUT satpam di indonesia. Setelah itu, Jenderal Polisi (Purn) Prof. Dr. Awaloedin Djamin dinobatkan sebagai Bapak Satpam oleh Kepolisian Negara RI dengan mempertimbangkan jasa beliau sebagai pelopor serta tonggak berdirinya satpam di Indonesia.

Selain itu, beliau sebagai pelopor adanya satpam, beliau juga memberikan motivasi serta penghargaan kepada mereka yang berkomitmen tinggi dalam memajukan harkat dan martabat satpam di industri keamanan. 

Terbentuknya Satpam dikarenakan beliau sebagai Kapolri Saat itu ia merasakan keterbatasan jumlah anggota polisi dalam memberikan pengaman di tengah lingkungan masyarakat. Seperti mengatasi kejahatan-kejahatan terorganisir, seperti preman, yang menjamur di wilayah-wilayah tersebut.

Bapak Kapolri Awaloedin Djamin berpikiran bahwa polisi dengan jumlah yang terbatas tidak akan mungkin menjadi di daerah pertokoan dan perkantoran. Maka beliau menyarankan untuk membentuk jasa satuan pengaman atau Satpam dibiayai oleh kantor tertentu. Namun, juga diberikan latihan dasar oleh pihak kepolisian. Selain itu Bapak Awaloedin Djamin juga mengungkapkan bahwa seorang satpam harus menerima pendidikan dan materi pengamanan yang sama dengan polisi. Secara administratif, satpam juga perlu didata sebagai anggota kepolisian.

Itulah sejarah terbentuknya satuan pengaman Satpam atau jasa keamanan security di Indonesia. Bagi Anda yang sedang membutuhkan petugas keamanan profesional yang terpercaya, maka Anda dapat mempercayakannya pada PT Bestin Services Indonesia.

PT Bestin Services Indonesia - Perusahaan Jasa Keamanan Security Berbasis Outsourcing Terpercaya. PT Bestin Services Indonesia adalah perusahaan yang melayani Jasa Outsourcing Tenaga Kerja Profesional (Outsourcing Services), termasuk Jasa Keamanan Satpam (Security) untuk kebutuhan perkantoran, bank, rumah sakit, pabrik, mall atau supermarket, sekolah, kampus, pabrik, food court atau tempat makan, dll. 

Adapun sebagai jasa berbasis outsourcing terpercaya, PT Bestin Services Indonesia didukung oleh personil-personil security/tenaga satpam yang handal, terlatih, dan profesional, sehingga pelayanan jasa keamanan yang dihasilkan bisa dirasakan oleh semua orang maupun perusahaan. Sementara itu, selain security services, PT Bestin Services Indonesia juga menyediakan jasa pekerja profesional lainnya, seperti Jasa Tenaga Kerja Sales SPG/SPB (sales promotion), Jasa Kebersihan Cleaning Services (kebersihan kantor Jakarta), Office Boy & Office Girl (jasa OB Jakarta), Jasa Resepsionis, Staff Administrasi atau Staff Office, Jasa Driver (sopir) yang siap memenuhi segala kebutuhan operasional sehari-hari perusahaan Anda.  

Untuk itu, bagi Anda yang tertarik dan ingin tau lebih lanjut mengenai jasa outsourcing dari PT. Bestin Services Indonesia, Anda bisa memperolehnya dengan mengakses laman resminya di https://www.bestin.co.id/