Your One Stop Manpower Outsourcing Solution

Perusahaan Outsourcing Jakarta | Pengertian Jasa Outsourcing 2021

Bestin Perusahaan Outsourcing Jakarta Terbaik 2021


perusahaan outsourcing jakarta, jasa perusahaan outsourcing jakarta

Selain tenaga kerja fulltime, kontrak, dan freelance, ada juga yang namanya tenaga kerja outsource yang direkrut dari pihak ketiga. Pada saat ini, ada banyak sekali perusahaan yang menggunakan jasa outsourcing. Hal ini dikarenakan outsourcing dipercaya dapat memberikan keuntungan besar bagi bisnis. Lalu, apa sih sebenarnya jasa yang dimaksud itu? Untuk tahu jawabannya, mari simak penjelasan di bawah ini!

Apa itu Outsourcing?

Outsourcing adalah pengalihan sebagian pelaksanaan pekerjaan kepada perusahaan lain untuk mengelola sektor pekerjaan tertentu. Dalam hal ini, perusahaan yang dimaksud adalah perusahaan outsourcing dan kerja sama yang dimaksud adalah merekrut tenaga kerja dari perusahaan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Oleh karena itu, outsourcing sering kali dikenal juga sebagai penyedia jasa tenaga kerja. Mengenai outsourcing, ini diatur oleh pemerintah dalam Undang Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.

Sistem Kerja Outsourcing

Adapun sistem kerja outsourcing diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 pasal 64 tentang Ketenagakerjaan yang menjelaskan bahwa “Perusahaan dapat menyerahkan sebagian pelaksanaan pekerjaan kepada perusahaan lainnya melalui perjanjian pemborongan pekerjaan atau penyediaan jasa pekerja/buruh yang dibuat secara tertulis”. 

Di samping itu, di dalam UU Ketenagakerjaan ini juga dijelaskan bahwa karyawan outsource itu bekerja melalui sistem yang dibagi menjadi dua, yaitu Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) dan Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tentu (PKWTT).
  • Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PWKT): Perjanjian kerja waktu tertentu memuat hak dan kewajiban, tanggung jawab pekerjaan, besaran upah, dan rentang waktu perjanjian. Jadi, saat rentang waktu telah selesai, pihak pekerja atau perusahaan telah lepas dari hak dan kewajibannya, kecuali ada perpanjangan PWKT.

  • Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tentu (PWKTT): Perjanjian kerja waktu tidak tentu memuat hak dan kewajiban, besaran upah, dan pekerjaan yang harus diselesaikan. Dengan kata lain, pekerjaan ditulis secara mendetail supaya pekerja memahami hasil pekerjaan yang diinginkan. Sesudah pekerjaan selesai dan perusahaan mendapatkan laporan serta hasilnya sesuai, maka PWKTT dapat dianggap selesai. Oleh karena dalam PWKTT tidak memiliki jangka waktu tertentu, maka para pekerja harus teliti dalam membaca perjanjian kerja sama. Pastikan hak dan kewajiban yang akan dikerjakan sebanding supaya tidak terjadi konflik di kemudian hari.

Jenis Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Pekerja Outsourcing

Menurut UU Ketenagakerjaan pasal 65 ayat 2 dijelaskan berbagai macam pekerjaan yang bisa dilakukan oleh pekerja outsourcing.
  1. Dilaksanakan secara terpisah dari kegiatan utama.
  2. Dilaksanakan dengan instruksi langsung atau tidak langsung dari pemberi pekerjaan.
  3. Merupakan kegiatan penunjang perusahaan secara keseluruhan.
  4. Tak menghalangi proses produksi secara langsung.

Berdasarkan penjelasan ini, maka dapat disimpulkan bahwa pekerja outsourcing hanya bisa melakukan pekerjaan di luar pekerjaan inti perusahaan pengguna jasa. Beberapa contoh pekerjaan ini diantaranya call center, cleaning service sampai petugas keamanan.

Keuntungan Menggunakan Jasa Outsourcing

Terdapat beberapa keuntungan dari menggunakan jasa outsourcing Jakarta, di antaranya:
  • Menghemat anggaran untuk pelatihan karyawan: Karyawan outsourcing biasanya telah memiliki keahlian spesifik yang diperlukan. Dengan demikian, perusahaan yang menggunakan jasa tersebut dapat menghemat anggaran untuk memberikan pelatihan kepada karyawan tersebut.

  • Mempermudah tugas rekrutmen: Seluruh urusan seleksi karyawan dijalankan oleh perusahaan tersebut. Jadi, perusahaan yang menggunakan jasa ini hanya perlu menerima karyawan-karyawan outsource terpilih dari jasa tersebut.

  • Lebih fokus dalam mengurus kegiatan inti dan pengembangan bisnis: Dengan menggunakan jasa ini, perusahaan tak perlu lagi khawatir mengenai pekerjaan teknis sehari-hari yang tidak berkaitan langsung dengan kegiatan inti bisnis. Hal ini dikarenakan semuanya telah diurus oleh tenaga kerja outsource, sehingga Anda bisa lebih menghemat waktu dan tenaga Anda, serta membuat Anda menjadi lebih fokus pada pengembangan bisnis Anda.

Jenis-Jenis Pekerjaan Outsourcing

Banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang menggunakan karyawan outsourcing pada posisi-posisi yang hanya digunakan sebagai dukungan saja atau bukan posisi inti.

Beberapa jenis-jenis pekerjaan ini meliputi cleaning service, security, customer service, hingga telemarketing. Namun, tidak sedikit perusahaan di Indonesia yang menggunakan karyawan outsourcing untuk memenuhi kebutuhan kerja, seperti marketing, desain grafis, dan finansial.

Berdasarkan peraturan yang ditetapkan pemerintah pada UU Ketenagakerjaan pasal 65 Ayat 2 No 13 Tahun 2003, jenis-jenis pekerjaan yang bisa ditangani oleh outsourcing meliputi:

  • Dilakukan secara terpisah dari kegiatan utama;
  • Dilakukan dengan perintah langsung atau tidak langsung dari pemberi pekerjaan;
  • Merupakan kegiatan penunjang perusahaan secara keseluruhan; dan
  • Tidak menghambat proses produksi secara langsung

Itulah penjelasan mengenai jasa outsourcing. Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan jasa outsourcing dan sedang mencari perusahaan outsourcing Jakarta yang terpercaya, maka Anda bisa mempercayakannya kepada PT Bestin Services Indonesia. PT Bestin Services Indonesia merupakan perusahaan yang melayani Jasa Tenaga Kerja Profesional (Outsourcing Services), baik itu Jasa Kebersihan (Cleaning Services), Jasa Keamanan Satpam (Security), Customer Service, Building Maintenance, Gardening Service, Phone Operator, Driver, SPG, dan Jasa Office Boy untuk kebutuhan perkantoran, bank, rumah sakit, pabrik, mall/supermarket, sekolah, kampus, pabrik, food court/tempat makan, dll. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa kunjungi laman web resminya di https://www.bestin.co.id/