Your One Stop Manpower Outsourcing Solution

Jasa Customer Service Dari Bestin Services Indonesia


Jasa Customer Service

Customer service merupakan sebuah divisi dalam sebuah perusahaan yang mempunyai tugas untuk melayani customer, baik sebelum ataupun sesudah menggunakan jasa atau membeli produk.

Peran CS mempunyai tujuan untuk memberikan kenyamanan sehingga pengalaman para customer pada sebuah perusahaan akan menjadi lebih baik dan mempunyai harapan untuk memenuhi ekspetasi mereka. Dengan adanya customer service yang baik juga menjadi salah satu faktor untuk kemajuan sebuah bisnis.

Mengapa menjadi salah satu faktor untuk kemajuan sebuah bisnis? Karena seorang Customer services mempunyai beberapa tugas yang berhubungan langsung dengan para customer.

Tugas customer antara lain seperti:

Source Image : istockphoto


Berperan menjadi Publik Relation

Salah satu tugas CS yaitu sebagai public relation, karena CS juga berperan sebagai media untuk membangun bahkan memperkuat hubungan perusahaan kepada pihak eksternal. Perusahaan dengan pelayanan CS yang baik, akan berpengaruh untuk menciptakan image perusahaan yang baik di mata eksternal.

Bahkan jika CS mampu memberikan pelayanan yang bagus CS itu bisa menjadi kebanggaan tersendiri dan bisa langgeng menjalin hubungan antara customer dengan perusahaan. Maka dari itu, penting untuk menjaga sikap ramah dan sopan kepada konsumen.

Berperan Sebagai Media Penjualan

Selain CS bertugas memberikan solusi atas masalah yang dialami oleh para customer, CS juga berperan sebagai media penjualan. Jika ada pelanggan yang menyakan soal informasi soal produk, maka momen ini bisa dimanfaatkan oleh customer service agar bisa menarik perhatian customer dan pada akhirnya membeli produk.

Customer service bukanlah pemeran utama dalam media penjualan. Namun, dengan menjalin hubungan baik kepada para pelanggan atau konsumen, maka dapat menarik konsumen untuk membeli suatu produk yang dimiliki oleh perusahaan.

Membangun Hubungan Baik Dengan Customer

Salah satu tugas penting customer service yaitu membangun hubungan baik dengan para customer atau pelanggan. Maka dari itu, CS harus memberikan pelayanan secara ramah dan juga penuh dengan senyuman.

Dengan CS yang melakukan pelayanan dengan baik, maka dapat mencerminkan citra baik untuk perusahaan. Jika ternyata ada customer yang complain dan berhubungan dengan produk atau pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan  maka pihak dari CS harus memberikan solusi.

Melayani Customer

Tugas paling umum dari customer service yaitu melayani customer atau konsumen. Hal ini bisa disesuaikan dengan jenis maupun bidang suatu bisnis dalam sebuah perusahaan. Jika perusahaan bank, maka pihak customer service bertugas untuk melayani para nasabah.

Selain itu, perlu juga mendengarkan keluhan para nasabah dan memberikan solusi. Berbeda dengan perusahaan yang bergera di bidang ekspedisi yang mana tugas dari CS memberikan pelayanan kepada konsumen yang akan menerima atau mengirim barang-barangnya, meskipun terkadang juga perlu mendengarkan keluhan customer.

Sementara CS pada perusahaan yang bergerak dalam bidang jual beli, mereka mempunyai tugas untuk melayani pembelian yang dilakukan oleh pihak konsumen.

Itu dia beberapa tugas yang dikerjakan oleh para customer service.

Tentunya setiap pekerjaan memiliki kesulitannya masing-masing, termasuk menjadi seorang yang bekerja sebagai customer service. Mungkin banyak orang yang melihat pekerjaan ini sebagai pekerjaan yang tidak terlalu sulit. Namun pada kenyataannya sangatlah berbeda, diperlukan pelatihan yang matang agar seseorang bisa menjadi customer service professional. Lalu, apa saja skill yang dibutuhkan seorang customer service?

Skill Customer Service 


Jasa Customer Service

Customer service memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan bisnis dari suatu perusahaan. Hal ini dikarenakan customer service akan berhadapan langsung dengan pelanggan dan menjadi penghubung antara perusahaan dan pelanggan.


Tentunya tidak semua orang bisa bertahan menjadi customer service karena diperlukan beberapa skill dasar yang sangat berpengaruh pada saat bekerja, skill tersebut diantaranya adalah,


1. Kesabaran


Sebagai customer service tentunya perlu memiliki kesabaran yang tinggi, apalagi saat berhadapan dengan berbagai sifat dan perilaku pelanggan, terkadang ada pelanggan yang marah, bingung, tidak sabaran dan lainnya. Tentu dalam hal ini Anda akan dituntut untuk memiliki kesabaran yang tinggi.


2. Perhatian


Sebagai customer service juga diharuskan untuk memberikan perhatian kepada pelanggan, maksudnya mendengarkan pelanggan dengan antusias terkait komplain ataupun kesulitan yang perlu dibantu, dan memberikan pelayanan terbaiknya. Anda juga perlu berhati-hati saat memberikan respon kepada pelanggan.


3. Kemampuan berkomunikasi


Karena berhubungan secara langsung dengan pelanggan, tentu saja diperlukan kemampuan berkomunikasi yang handal, tidak hanya sekedar mampu berbicara saja, tetapi juga mampu menyampaikan informasi menjadi lebih sederhana sehingga pelanggan bisa memahami informasi tersebut.


4. Kemampuan mempengaruhi orang lain


Diperlukan juga kemampuan persuasi yang mampu mempengaruhi pelanggan sehingga pelanggan tergerak untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan.


Bestin mengerti pentingnya layanan customer service yang berkualitas tinggi dalam bisnis. Kami memberikan pelatihan khusus untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalisme dalam pelayanan pelanggan. Layanan ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan, tetapi juga membantu membangun reputasi positif perusahaan dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Kami memiliki tim handal dan berpengalaman dalam menyeleksi calon tenaga kerja ahli secara terstruktur dan dalam jumlah yang tidak sedikit. Proses seleksi ini sekaligus didukung dengan pelatihan tenaga kerja. Berbagai layanan yang tersedia dari perusahan kami diantaranya adalah jasa Customer Service, Office Supports, Telephone Operator, Cleaning Services,  dan lainnya.

 

Info Lebih Lanjut : DISINI